Definisi Perpustakaan

A.    Pengertian Perpustakaan

Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penyimpanan dan/atau akses ke map, cetak ayau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD, dan menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

Banyak kalangan terfokus untuk memandang perpustakaan sebagai sistem, tidak lagi menggunakan pendekatan fisik. Sebagai sebuah sistem perpustakaan terdiri dari beberapa unit kerja atau bagian yang terintergrasikan melalui sistem yang dipakai untuk pengolahan, penyusunan dan pelayanan koleksi yang mendukung berjalannya fungsi – fungsi perpustakaan.

Perkembangannya menempatkan perpustakaan menjadi sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. Dari istilah pustaka, berkembang istilah pustakawan, kepustakaan, ilmu perpustakaan, dan kepustakawanan yang akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Pustakawan : Orang yang bekerja pada lembaga – lembaga perpustakaan atau yang sejenis dan memiliki pendidikan perpustakaan secara formal.

2. Kepustakaan : Bahan – bahan yang menjadi acuan atau bacaaan dalam menghasilkan atau menyusun tulisan baik berupa artikel, karangan, buku, laporan, dan sejenisnya.

3. Ilmu Perpustakaan : Bidang ilmu yang mempelajari dan mengkaji hal – hal yang berkaitan dengan perpustakaan baik dari segi organisasi koleksi, penyebaran dan pelestarian ilmu pengetahuan teknologi dan budaya serta jasa- jasa lainnya kepada masyarakat, hal lain yang berkenaan dengan jasa perpustakaan dan peranan secara lebih luas.

4. Kepustakawanan : Hal – hal yang berkaitan dengan upaya penerapan ilmu perpustakaan dan profesi kepustakawanan.

B. Fungsi Perpustakaan

  • Sarana simpan karya manusia

Semua karya manusia baik itu karya yang tercetak maupun terekam, bisa disimpan di perpustakaan untuk nantinya dimanfaatkan oleh para pengguna perpustakaan.

  • Informasi

Perpustakaan juga berfungsi sebagai sarana penyedia informasi, kita bisa mendapatkan informasi apa saja yang kita butuhkan di perpustakaan. Informasi yang dibutuhkan bisa berupa informasi terkini atau informasi yang terdokumentasikan.

  • Rekreasi

Perpustakaan juga bisa berfungsi sebagai tempat rekreasi ketika koleksi perpustakaan tidak terbatas hanya kepada bahan pustaka saja. Misalnya perpustakaan menyediakan ruang untuk pemutaran film documenter, jadi pengguna yang datang ke perpustakaan bisa membaca buku atau juga melihat pemutaran film documenter.

  • Pendidikan

Perpustakaan adalah tempat pembelajaran sepanjang hayat. Siapapun dan dengan latar belakang apapun bisa datang ke perpustakaan untuk mendapatkan pendidikan.

C.    Jenis-jenis Perpustakaan

  • Perpustakaan Internasional
  • Perpustakaan Nasional
  • Perpustakaan umum dan keliling
  • Perpustakaan swasta (pribadi)
  • Perpustakaan Sekolah
  • Perpustakaan Perguruan Tinggi

D.    Kerjasama antar Perpustakaan

    1. Kerjasama Pengadaan
    2. Kerjasama Penyimpanan
    3. Pertukaran
    4. Pengolahan
    5. Penyediaan Fasilitas
    6. Kerjasama Peminjaman antar Perpustakaan
    7. Kerjasama antar Pustakawan

Leave a comment